Modifkasi Yamaha Scorpio Z, Cafe Racer Montok

Modifikasi

Tangsel – Sedikit berbeda dari jarahan modifikasi cafe racer sebelumnya, Dony Arianto dari Studio Motor (SM) ingin memasang kaki-kaki gendut. Ban Firestone Ribbed ukuran 5.00×16 inci sengaja diincar. Tapi enggak asal pasang, untuk mewujudkannya, seonggok Yamaha Scorpio keluaran 2008 disiapkan.

“Pakai ban gendut seperti ini butuh mesin dengan torsi besar, makanya saya memilih Scorpio yang dijadikan target operasi,” jelasnya sambil tersenyum.

Makin klop, ban yang cukup langka di Indonesia ini dikawinkandengan pelek aluminium berlabel TDR dengan lebar 3.00×16 inci di depan dan 3.50×16 inci untuk belakang. “Awalnya sempet kepikiran pakai teromol besi bikinan saya, tapi setelah dipikir-pikir, udah terlalu biasa.” terang Dony.

Alhasil setelah ngubek-ngubek gudang, Ia menemukan sepasang teromol Conical drum brake milik motor lawas BSA-Triumph. “Dengan dua teromol ini makin kental kesan klasiknya,” papar Dony yang bengkelnya ada di Bintaro, Tangsel.

Sebelum dipasang, teromol depanbelakang dengan desain unik ini dipoles dulu hingga kinclong, keren! Sebelum membuat tangki dan bodi baru, sub frame terlebih dahulu ‘dirusak’, kini bentuknya jadi lebih flat. Sedang untuk ubahan bodi, pelat galvanis diandalkan. Tangkinya cukup nyeleneh bergaya tear drop, meski begitu tetap serasi dengan buntut tawon yang tidak terlalu besar.

Modifikator yang doyan pakai kemeja flannel ini memasang setang jepit di bawah segitiga atas sokbraker Yamaha Byson berdiameter 41 mm. “Posisi riding jadi semakin menuduk ala pembalap,” bebernya.

Sedang sok belakang andalkan Ohlins tipe tabung yang untuk memasangnya mengharuskan bikin dudukan baru di sasis, sebelumnya motor ini kan pakai monoshock. Menguatkan kesan racing, penghobi fotografi ini pasang logo Marathon Petroleum di tangki, perusahaan minyak asal Amerika Serikat yang aktif di balap NASCAR.

Mau balap antar cafe? Ayuk! • (otomotifnet.com)

Plus:
– Detail pengerjaan rapi

Minus:
– Pasang spionnya dong bro!

Data Modifikasi
Body Custom: Studio Motor
Stang: Ride It
Headlamp: BSA
Sein: Aftermarket
Sok depan: Yamaha Byson
Sok belakang: Ohlins
Teromol depan: Triumph model Conical
Teromol belakang: BSA model Conical
Pelek depan: 3.00×16 inci
Pelek belakang: 3.50×16 inci
Ban: Firestone Ribbed 5.00×16 inci
Knalpot: Custom by STUDIO MOTOR

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Written by OB

Leave a Reply
Sekretariat IMSI
Jl Komplek AL Ujung No 137 RT 002/019 Kelurahan Jati Makmur, Kec Pondok Gede, Kota Bekasi