Modifikasi Yamaha Scorpio Z, Stroke Up Siap Turing

Modifikasi
Buat upgrade performa motor, Andi enggak mau yang pengerjaannya kelamaan. Dia suka yang instan, bisa jadi kalau kelamaan takut ditinggal teman-teman seklubnya turing

Jakarta – Paling enak turing jarak jauh itu, dengan menggunakan motor batangan. Salah satu pilihannya adalah Yamaha Scorpio Z yang kapasitas mesinnya 225 cc.

Kondisi standarnya saja sudah siap menemani si penunggang berkelana jarak jauh. Tapi ada beberapa pengguna yang doyan turing, merasa kurang dengan kondisi mesin standar dan kemudian memilih untuk melakukan upgrade.


Footstep Aftermarket NUI jadi pasangan pas untuk turing

Andi Andreas, member klub SCORPiOHOLiC Jakarta yang kurang puas dengan kondisi standar motor miliknya. “Performa motor harus lebih dari standarnya. Itu karena bobot badan saya yang sedikit berlebih,” ujar pria penggila perjalanan jarak jauh ini.


Piringan pengereman diganti menggunakan PSM biar makin Pakem

Buat upgrade performa mesin, Andi enggak mau yang pengerjaannya kelamaan. Dia suka yang instan, bisa jadi kalau kelamaan takut ditinggal teman-teman seklubnya turing. Stroke-up jadi solusi modifikasi instan yang dipilih Andi.

“Memang ada yang bilang kalau langkah itu kurang aman dipakai jalan jauh. Tapi tenang saja mekaniknya sudah pengalaman melakukan hal tersebut. Karburator juga di-jetting ulang, dengan pilot jet ukuran 17,5 dan main jet 115,” tutur pria ramah ini. Klep pakai produk aftermarket dari TK Racing, namun tetap menggunakan ukuran yang sama dengan standarnya.


Kruk as distroke up 3mm atas bawah volume mesin mening-kat jadi 246,1CC

Dengan apa yang sudah dilakukan itu, akhirnya juga diputuskan untuk sedikit memodifikasi knalpot standar. Enggak ada penambahan lain, meski memang sering dipakai turing. Dengan alasan mau yang simpel-simpel saja, maka aksesori seperti boks, setang lebar, hand guard dan lain-lain itu dipilih untuk ditiadakan.

Aksesori memang enggak dipasang, namun bagian kaki-kaki mengalami perubahan. Pelek bawaan pabrik diistirahatkan dan diganti yang tapaknya lebih lebar model jari-jari keluaran TK Excel yang berukuran 3,5 inci di belakang dan depannya 2,5 inci.

“Biar aman di jalan baik saat melibas trek lurus maupun menikung, pelek dikombinasikan dengan ban Bridgestone BT45 ukuran 130/70 di belakang dan depan 100/80,” ucap Andi lagi. Untuk semua yang sudah dilakukan itu, Andi mengeluarkan lebih kurang Rp 9-10 juta. Tapi memang itu membuat besutannya tangguh saat diajak turing Jakarta– – Jambi – –Ngawi.

“Berminat turing bareng, bro? Langsung dateng aja ke sekertariat SCORPiOHOLiC Jakarta yang sekaligus bengkel upgrade mesin khusus Scorpio di Jl. Joglo Raya No 24-25 Kembangan, Jakarta barat,” Siyap bro. • (Otomotifnet.com)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Written by OB

Leave a Reply
Sekretariat IMSI
Jl Komplek AL Ujung No 137 RT 002/019 Kelurahan Jati Makmur, Kec Pondok Gede, Kota Bekasi